Rabu, 12 Juni 2013

Wisata Bawah Laut Taman Terumbu Karan

Daerah perlindungan laut
Dalam upaya mencapai pemanfaatan secara optimal dan berkelanjutan dalam pengelolaan perikanan yang menjamin kelestarian sumber daya ikan dan lingkungan di seluruh Indonesia, Menteri Kelautan dan Perikanan keluarkan Peraturan Menteri nomor PER.01/MEN/2009 tentang Wilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia (WPP-RI). Peraturan ini sebagai penyempurnaan dan mengganti Keputusan Menteri Pertanian No.996/Kpts/IK.210/9/1999 tentang Potensi Sumber Daya Ikan dan Jumlah Tangkapan yang Diperbolehkan.
Upaya ini adalah merupakan langkah maju dalam menerapkan ketentuan internasional Code of Conduct for Responsible Fisheries, atau Tatanan Pengelolaan Perikanan yang Bertanggungjawab atau Berkelanjutan.
Untuk menyempurnakan manajemen pemanfaatan perairan itulah maka dilakukan penentuan Wilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia (WPP-RI) di seluruh Indonesia dari 9 WPP menjadi 11 WPP, yakni merupakan wilayah pengelolaan perikanan untuk penangkapan ikan, pembudidayaan ikan, konservasi, penelitian, dan pengembangan perikanan yang meliputi perairan pedalamanan, perairan kepulauan, laut teritorial, zona tambahan, dan zona ekonomi eksklusif Indonesia. WPP-RI 713 meliputi perairan Selat Makasar, Teluk Bone, Laut Flores, dan Laut Bali.

Salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Bone adalah Tanjung Pallette.  Objek Wisata Tanjung Pallette ini terletak di Kelurahan Pallette Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Merupakan suatu kawasan yang memiliki panorama alam yang sangat indah, yang didukung fasilitas yang memadai. Kawasan ini berhadapan langsung dengan laut Teluk Bone yang berjarak 12 km dari pusat kota Watampone.
Dengan adanya objek wisata Tanjung Pallette bisa dipadukan dengan sumberdaya hayati lainnya agar pengelolaannya lebih menjanjikan.  Salah satu potensi tersebut atau sumberdaya hayati yang tak ternilai harganya dari segi ekonomi dan ekologisnya adalah sumberdaya terumbu karang, apabila sumberdaya terumbu karang ini dikaitkan dengan pengembangan wisata bahari mempunyai andil yang sangat besar.  Karena keberadaan terumbu karang tersebut sangat penting dalam pengembangan berbagai sektor termasuk sektor pariwisata.
Penelitian ini dilakukan mulai bulan Juni sampai 17 Juli 2010 di Tanjung Pallette, perairan Pallette di Kelurahan Pallette, Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone, dan Dinas  Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bone.
Berdasarkan hasil pengamatan di perairan Tanjung Pallette memiliki beberapa variasi jenis dan berbagai macam bentuk terumbu karang seperti karang bercabang (branching), karang jamur (mushroom), karang otak, karang daun (Foliose), karang meja (tabulate) dan macam-macam bentuk karang lainya. Serta beraneka ragam  biota laut mulai dari ikan konsumsi, ikan hias, serta biota laut lainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar