Rabu, 12 Juni 2013

KELOLA TELUK BONE SECARA TERPADU, DKP SIAPKAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN BERKUALITAS

Lima belas kabupaten/kota yang berada di kawasan Teluk Bone baru-baru ini sepakat mengembangkan sistem peningkatan kapasitas SDM KP terpadu berbasis wilayah dengan prinsip kemitraan, yaitu kerja sama antar daerah yang juga merupakan gagasan dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI), khususnya yang mewakili provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara, dan telah menjadi salah satu program prioritas DPD-RI. Secara resmi DPD akan meminta Presiden RI untuk melauching Pengelolaan Wilayah Teluk Bone secara terpadu pada bulan Juni atau Juli 2008. Demikian disampaikan Kepala Badan Pengembangan SDMKP, Prof.Dr.Sahala Hutabarat dan anggota DPD, Laksma TNI (Pur) Benyamin Bura pada saat pembahasan Konsep Pengembangan SDM KP Berbasis Wilayah di Teluk Bone yang dihadiri 15 Kepala Dinas KP kabupaten/kota di Jakarta (29/5).
Wilayah pesisir Teluk Bone terbagi atas 15 kabupaten/kota yang meliputi: Kab. Bulukumba, Kab. Selayar, Kab. Sinjai, Kab. Bone, Kab. Wajo, Kab. Luwu, Kab. Luwu Utara, Kab. Luwu Timur, Kota Palopo, Kab. Kolaka Utara, Kab. Kolaka, Kab. Bombana, Kab. Muna, Kota Bau Bau dan Kab. Buto, di Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara yang membentang sepanjang 1128 km garis pantai dengan luas sekitar 31.837 km2 dan dihuni oleh + 3.885.472 jiwa penduduk. Teluk Bone merupakan salah satu kawasan potensial perikanan yang apabila dikelola secara optimal dan terpadu diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata pada program pemerintah dalam revitalisasi perikanan sesuai dengan Undang-Undang No 31 tahun 2004 pasal 60 tentang Perikanan, dan Peraturan Presiden No 7 tahun 2005 tentang Pembangunan Jangka Menengah Nasioanal (RPJMN) yang meliputi program pengentasan kemiskinan (pro-poor), penciptaan lapangan kerja (pro-job), dan percepatan pertumbuhan (pro-growth).
Untuk melaksanakan program tersebut diperlukan kesiapan SDM KP yang berkualitas.  Oleh karena itu, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPSDM KP) sebagai fasilitator dan institusi di bawah Departemen Kelautan dan Perikanan mempunyai komitmen untuk bekerja sama dengan Pemerintah Daerah di kawasan Teluk Bone dalam mengembangkan SDM KP secara konkrit dan terpadu melalui program pendidikan, pelatihan dan penyuluhan perikanan. Penyelenggaraan kegiatan ini memiliki beberapa tujuan, antara lain: (1) mempersiapkan konsep pengembangan sistem peningkatan kapasitas SDM KP terpadu berbasis wilayah di Teluk Bone ; (2) memaparkan Rencana Pengelolaan Terpadu Teluk Bone; (3) memaparkan Strategi Pengembangan SDM KP secara terpadu di Teluk Bone; dan (4) merumuskan dan memantapkan Konsep Perjanjian Kerja Sama antara Badan Pengembangan SDM KP Departemen Kelautan dan Perikanan dengan Pemerintah Daerah di Teluk Bone. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terwujudnya kerjasama program dan kegiatan antara daerah dan pusat dalam pengembangan kapasitas SDM KP di Teluk Bone secara terpadu.
Implementasi dari kebijakan dan program BPSDM KP dalam bentuk kegiatan ini tentunya tidak saja menjadi tanggung jawab pemerintah pusat tetapi juga menjadi tanggung jawab pemerintah daerah propinsi maupun kabupaten/kota serta tanggung jawab pihak swasta di bidang perikanan dan kelautan, sehingga sinergitas dan harmonisasi program dan kegiatan pendidikan, pelatihan dan penyuluhan antara pusat, daerah dan swasta harus terus dibangun. Untuk itu DKP melalui BPSDM KP mengimplementasikannya dalam bentuk kerjasama untuk mengembangkan kawasan terpadu Teluk Bone yang melibatkan jajaran pemerintah daerah pada 15 kabupaten/kota di dua propinsi, yaitu propinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.  BPSDMKP merasa terpanggil untuk berperan aktif dan berkontribusi nyata dalam pengembangan kawasan terpadu Teluk Bone itu dari aspek pengembangan SDM kelautan dan perikanannya.  Oleh karena itu, dalam pertemuan dengan jajaran pemerintah daerah khususnya Dinas Kelautan dan Perikanan pada 15 kabupaten/kota di wilayah pengembangan Teluk Bone, para peserta diharapkan dapat memberikan masukan dan pemikiran dalam rangka merumuskan rancang bangun pengembangan SDM kelautan dan perikanan  di kawasan terpadu Teluk Bone tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar